Contoh Teks Poserdur Kompleks : Mengganti Power Supply PC Desktop

Mengganti Power Supply PC Desktop

Power Supply Unit atau disingkat PSU merupakan hardware yang sangat penting dalam komputer desktop. PSU berguna untuk mensupplay Listrik kedalam Komputer tersebut olehkarena itu jika PSU tersebut mati atau rusak maka komputer tidak dapat digunaka sebagaimana mestinya. Untuk mempermudah penggantian PSU yang rusak, berikut adalah cara untuk mengganti PSU dengan baik dan benar

11.      Sebelum mengganti PSU ada baiknya kita terlebih dahulu melakukkan pengecekkan PSU sendiri untuk membuktikan apakah yang benar-benar mati adalah PSU. Apabila PSU yang mati maka dapat diganti dengan baru, namun apabila PSU masih maka bisa jadi yang rusak adalah mainboard, prosessor, ram, harddisk, atau komponen yang lain. Sebelum melakukkan pengecekan Lepas dahulu semua kabel yang terhubung ke CPU Unit termasuk kabel cord Power Listrik.
22.      Setelah CPU siap bongkar casingnya, Ingat untuk melakukkan pengecekan PSU saja, lepas kabel sleve power yang tertancap pada berbagai hardware di dalam CPU Unit. Selanjutnya, Ambil kumpulan kabel yang sebelumnya terkoneksi dengan Mainboard. Untuk mengeceknya hubungkan kabel Hijau dengan kabel hitam dengan timah atau potongan tembaga. Selanjutnya hubungkan PSU dengan kabel cord dan tancapkan kabel cord ke Stopkontak Listrik PLN. Jika kipas PSU berputar maka berati PowerSupply masih hidup tetapi jika Tidak berputar maka PSU telah mati. Jika PSU sudah terbukti mati atau rusak maka dapat anda lanjutkan ke tahap berikutnya untuk mengganti PSU.
33.      Untuk mengganti PSU anda yang pertama pastikan PSU tidak terhubung dengan sumber arus listrik PLN kemuadia lepas PSU lama yang telah mati atau rusak dengan melepas sekrup-sekrupnya. Setelah PSU lama bisa d lepas kemudian lepaskan juga kabel yang mungkin masih ada yang melekat di hardware.
44.      Setelah PSU yang lama berhasil di lepas dari casing kemudian pasang PSU yang baru selanjutnya sekrup juga dengan casing lalu diikuti pasang kabel power distribusi ke berbagai hardware yang ada di komputer. Kabel yang memiliki konektor 20-24 pin digunakan untuk di koneksikan dengan mainboard, Kabel yang memiliki 4 Pin digunakan untuk Hardware seperti DVD-ROM atau hardisk model IDE, dan kabel yang memiliki konektor pipih agak panjang untuk hardisk tipe SATA, sedangkan kabel yang kecil dan mempunyai 4 Pin digunakan untuk Floppy Disk jika ada. Sedangkan untuk konektor 4pin dengan bentuk konektor persegi yang diikuti kabel berwarna kuning dan hitam digunakan untuk Power tambahan yang dikoneksikan ke Mainboard juga.
55.      Pastikan PSU terpasang dengan benar di casing dan Kabel-kabel power distribusi telah terpasang dengan baik dan benar ke hardware kemudian langkah terakhir adalah mencoba komputer tersebut. Pasang semua kabel seperti monitor, keyboard, mouse, speaker dan lain sebegainya sebelum menghubungkan CPU ke sumber listrik PLN. Jika sudah siap semua sekang waktunya mencoba dengan menghidupkan komputer tersebut. Dan pastikan semua hardware bekerja dan tidak ada masalah dengan komputer anda.


Komentar