Contoh pidato Bahasa Indonesia tentang Pemanasan Global/Global warming

Stop Global Warming
demi Kesejahteraan Masa Depan


Assalamu’alaikum wr. Wb.
Yang terhormat Ibu Hj. Tri Rukmini, S.Pd.
Yang saya hormati Bapak, Ibu Guru SMPN 1 Godean
Dan teman-temanku semuanya yang berbahagia
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan rahmad dan hidayahnya kepada kita semu sehingga kita dapat berkumpul di acara ini dalam keadaan sehat.
Sholawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan besar kita nabi Muhammad SAW kepada keluarga, sahabat dan seluruh umatnya hingga akhir zaman nanti.
Bapak ibu guru yang saya hormati, Dan teman-temanku yang berbahagia
            Sebelumnya ada yang tahu apakah itu global warming? Ya, benar global warming terdiri dari huruf G-L-O-B-A-L Warming, jelas, hanya terdiri kurang lebih dari 13 huruf, Namun teman-teman 13 huruf dari kata tersebut tidaklah setimbang dari dampak yang akan ditimbulkannya. Kira-kira apa dampak yang ditimbulkannya teman-teman ? ada yang tahu? iya, benar tentu dampaknya adalah SNSD. SNSD disini buka pada Girl Generation tetapi Dampak Global Warming yaitu “Suasana Nan Dasyat Sekali”.
Bapak ibu guru yang saya hormati, Dan teman-temanku yang berbahagia
Jika kita perhatikan pada akhir-akhir ini dapat kita rasakan bahwa iklim di Indonesia tidak menentu. Misalnya saja pada musim penghujan pada siang hari udaranya sangat panas, padahal biasanya musim penghujan udaranya dingin dan sejuk. Tetapi pada waktu musim penghujan tersebut jika terjadi hujan maka terjadilah hujan yang sangat lebat. Selain itu, Pernah terjadi sekitar tahun 2009-2010 adanya kemarau yang berkepanjangan yang menimbulkan kekeringan dimana-mana. Tak hanya dua point tadi teman-temanku, ada yang lain lagi yang perlu kita tahu, yaitu jika kita berjalan-jalan ke kota pada saat terik matahari maka akan terasa panas sekali yang sangat menyengat tubuh. Namun, apabila kita mencoba bertanya kepada kakek-nenek kita yang merasakan indahnya dunia pada zaman dahulu, beliau berkata bahwa kehidupan di dunia ini terasa lebih nikmat pada zaman dahulu, dahulu walaupun panas tapi udaranya masih terasa sangat sejuk, dan udaranya juga masih bersih, pohon-pohon rimbun juga masih terdapat disana-sini.
 Tentunya kenaikan suhu di permukaan bumi ini sering kita sebut dengan PEMANASAN GLOBAL. Tak asing lagi dengan kata Pemanasan Global, banyak orang, organisasi, institusi yang  membahas mengenai pemanasan global tetapi orang zaman sekarang banyak yang mengabaikan tentang hal tersebut dan tak menghiraukan hal tersebut, karena kelalaian manusia tersebut maka hingga saat ini Indonesia menduduki Peringkat tingkat pemanasan global ke-10 Se-dunia. Bukankah itu hal yang menghebohkan? Tapi walau heboh orang zaman sekarang tetap saja mengabaikannya. Apakah benar itu?

Bapak ibu guru yang saya hormati, Dan teman-temanku yang berbahagia
Kebanyakan orang pada zaman ini kurang bersyukur atas nikmat yang telah di berikan oleh Yang Maha Kuasa. Jika demikian maka berarti siap untuk menerima balasannya.Oke siap teman-teman ? Tapi, Semoga kita semua terhindar dari bencana tersebut. Amiin..
Global warming/pemanasan global ada kaitanya erat dengan lapisan Ozon. Pernahkan kalian perhatikan bagaimana keadaan lapisan ozon di bumi kita? Jika suatu saat kita tahu ozon kita telah rusak, apakah kita pernah berfikir untuk mengatasi ozon yang berlubang?
Menurut penelitian para ilmuwan dunia, lapisan ozon telah mengalami penipisan dari tahun ke tahun. Bahkan katanya saat ini sudah ada lubang ozon di dareah Arizona. Lubang ozon itu terbentuk karna adanya dampak dari pemanasan global (global warming), efek rumah kaca dan lainnya.
Bila ada lubamg ozon berarti di situlah sinar UV memancarkan sinarnya secara langsung kebumi tanpa adanya perantara (lapisan Ozon). Semua mahkluk hidup di bumi tidak akan mampu bersentuhan langsung dengan sinar UV tersebut. Cahaya matahari yang kita terima/rasakan setiap hari, sudah merupakan hasil penyaringan dari ozon. Sehingga sudah tidak bebrbahaya lagi bagi manusia dan mahkluk hidup lainnya di muka bumi.



Bapak ibu guru yang saya hormati, Dan teman-temanku yang berbahagia
Tentu banyak Dampak yang ditimbulkan oleh global warming, Ingatlah bahwa kita semua telah diberi nikmat dengan banyak oleh Yang Maha Kuasa, tentu seharusnya kita merawatnya Maka kita lakukan dan kita Katakan Stop Global Warming, dan jadilah sahabat bumi. Oleh karena itu mulai sekarang laksanakanlah prinsip berikut:
1.      Hemat Energi, coba kita hemat energy listrik maupun energy fosil.
2.      Gunakan Sepada, dengan menggunakan sepda dapat penggunaan motor/kendaraan yang berasal dari energy fosil, dengan demikian akan mengurangi pencemaran udara dan efek rumah kaca ynag berakibat naiknya suhu bumi. Seperti contohnya SEGOSEGAWE (Sepeda kanggo sekolah lan nyambutgawe). Saat ini hayo siapa yang masih menggunakan motor? Mari kita berpindah ke Sepeda, Ayo!!
3.      Tanamlah Pohon untuk keselamatan kita, dengan menanam pohon sedikit demi sedikit akan mengurangi panas permukaan bumi, menyejukan udara dan jga menguragi folusi udara
4.      Gunakan Prinsip 3R
-          Recycle(mendaur ulang),
-          Reduce(mengurangi),
-          Reuse(menggunakan kembali))
5.      Gunakan energy yang ramah lingkungan, contohnya,
-          Bio Gas,
-          Bio Fuel,
-          Energi Listrik tenaga Surya
-          Dan energy alternative lainnya.

Bapak ibu guru yang saya hormati, Dan teman-temanku yang berbahagia
Siapkah kita, untuk mengurangi dampak global warming dengan melaksanakan beberapa prinsip tadi,? Pastilah kita harus siap, Sebelum saya akhiri marilah kita bernyanyi bersama
1..2..3..
*lagu

Bapak ibu guru yang saya hormati, Dan teman-temanku yang berbahagia
Demikian pidato mengenai global warning, semoga menjadi perhatian kita semua, bahwa dunia ini adalah milik kita semua yang merupakan pemberian Yang Maha Kuasa yang perlu kita jaga dan kita rawat. Tetapi juga ketahuilah bahwa dunia ini bukan hanya milik kita, melainkan milik anak cucu di kemudian hari, warisilah mereka dengan keindahan dunia dan jangan menjadi pelopor penghancur dunia. Semoga dunia ini tetap aman sejahtera hingga akhir nanti, amien…
STOP GLOBAL WARMING… STOP….
Terimakasih, Semoga bermanfaat bagi kita semua
Bilahitaufikwalhidayah
Wassalamu’alaikum wr. Wb.

Komentar

  1. mksih ,ini sngat mbntu..

    BalasHapus
  2. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat sekali.
    Jangan lupa untuk mengunjungi website kami di https://www.drumbandmurah.com/

    BalasHapus

Posting Komentar