Artikel Dampak Perkembangan Teknologi


Dampak Perkembangan Teknologi

Saat ini teknologi berkembang sangat pesat. Mulai dari ditemukannya suatu alat atau gadget pada zaman dahulu hingga saat ini yang mengalami kemajuan sangat pesat. Mulai dari kualitas, manfaatnya dan harganya pun mulai terjangkau oleh kalangan masyarakat. Terjangkaunya harga dan meningkatnya kualitas mengakibatkan masyarakat mulai banyak menggunakan teknologi tersebut. Dari perkembangan ini pastilah dapat menimbulkan dampak-dampak tertentu, misalnya banyak orang menggunakan teknologi untuk mencari informasi, hal-hal penting, dll. Akan tetapi, banyak juga  orang yang menyalahgunakan antaranya membobol uang (carder), untuk melihat situs-situs yang tidak baik, dll. Sebenarnya pemerintah sudah berupaya keras untuk mencegahnya, tetapi sayang perbuatan jahat tetap meraja lela.
Salah satu perkembanga teknologi yang paling dikenal oleh masyarakat adalah internet. Internet (kependekan dari interconnection-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Dalam internet terdapat istilah www (word wide web) Atau Triple dauble.yu’ yang diciptakan oleh Tim Berners-Lee dan ada juga pencipta alamat surat yaitu “@” (et) yang ditemukan oleh Roy Tomlinson, dengan istilah-istilah tersebut memungkinkan untuk browsing, mengirim email,dll. Karena internet memiliki berbagai keunggulan maka saat ini pengguna internet bertambah banyak dari tahun-tahun sebelumnya.
 Bertambahnya jumlah pengguna internet, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesinHYPERLINK "http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari" HYPERLINK "http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari"pencari  seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi.
Semakin bertambahnya pengguna internet menngakibatkan terjadinya kenaikan trafik jaringan atau kepadatan jaringan. Dengan demikian berarti para pengguna para pengguna internet pada jaringan tersebut, dapat mengakses internetnya walaupun dengan kecepatan yang rendah. Berhubung dengan perkembangan teknologi, sekarang ini telah ada sebuah akses internet menggunakan jalur lebar dan koneksi dial-up. Dengan perpaduan dua jenis koneksi ini mempunyai kemungkinan kecil untuk penurunan kecepatan yang disebabkan oleh kenaikan trafik.
Internet dapat diakses menggunakan PC (PERSONAL COMPUTER) atau menggunakan laptop. Karena adanya perkembangan dari teknologi, internet selain bisa diakses menggunakan PC (Personal Computer),tetapi juga dapat diakses melalui Handphone (HP) yaitu menggunakan fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Karena GPRS dianggap koneksi internet yang lambat lalu para operator meningkat kan kualitasnya menjadi EDGE dan seterusnya koneksi jalur lebar dengan media wirreless yaitu WCDMA/3G , HSDPA. yang mempunyai kecepatan yang lebih tinggi sampai dengan 7,2 Mbps setiap penggunanya.
            Meningkatnya pengguna internet dan perkembangan teknologi, sangat berpengaruh pada perkembangan dalam berbagai bidang dan tentunya perkembanga teknologi juga menimbulkan dampak yang bersifat menguntungkan dan bermanfaat bagi kita.  Diantaranya:
         Mengembangkan perdagangan/ekonomi yaitu mengenai hal transaksi yang pada zaman dahulu transaksi jual beli bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama                              e-commerce.

         Meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah terhadap masyarakat, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui               e-HYPERLINK "http://id.wikipedia.org/wiki/E-government"government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.



          Menigkatkan layanan informasi kesehatan jarak jauh (telemedicine)
Kesehatan merupakan salah satu bidang yang paling menjanjikan untuk ditingkatkan dengan bantuan TIK karena bidang tersebut memerlukan TIK untuk informasi,dan pemahamannya. Ada banyak cara menerapkan TIK untuk memperoleh hasil yang diinginkan di bidang kesehatan, TIK digunakan di negara-negara berkembang untuk memfasilitasi konsultasi, diagnosis, dan pengobatan jarak jauh.

          Menciptakan lapangan kerja
Dengan teknologi TIK kita dapat mencari informasi tentang lapangan pekerjaan dan dapat pula melakukan pekerjaan baru yang tercipta akibat pemakaian TIK. Salah satu manfaat TIK adalah menyediakan layanan online untuk menawarkan kesempatan kerja melalui pertukaran informasi kesempatan kerja secara elektronik dengan ketenagakerjaan atau instansi penempatan tenaga kerja lainnya.

          Menunjang pertanian
TIK dapat memberikan informasi yang berharga kepada para petani dalam bentuk pemeliharaan tanaman dan hewan, pemberian pupuk dan pakan hewan, pengurangan dampak kemarau, pemberantasan hama, irigasi, ramalan cuaca, sumber benih, dan harga pasaran.

          Melestarikan kebudayaan
TIK dapat digunakan untuk membantu melestarikan kebudayaan suatu daerah, Perpustakaan dan museum dapat memfasilitasi pola kepemilikan dan pelestarian yang lebih merata bagi benda-benda kebudayaan yang kini dapat disajikan secara digital. Jaringan-jaringan yang menghubungkan gambar-gambar digital benda-benda budaya'dengan komunitas tempat asal benda-benda budaya tersebut dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan penghargaan yang lebih luas terhadap nilai dan kepentingannya serta lebih melibatkan diri dalam menentukan pemanfaatan dan pelestariannya. TIK dapat dimanfaatkan untuk membantu penduduk asli di pedesaan memperoleh hak mereka untuk kepemilikan, pemeliharaan/ serta komersialisasi warisan budaya mereka sendiri. TIK tidak akan menyeragamkan kebudayaan, melainkan memelihara keberagamannya. Apa pun hasil yang akan diperoleh sangatlah bergantung dari keputusan para anggota masyarakatnya tentang bagaimana TIK akan dimanfaatkan.

          Kemudahan dalam hal transaksi perbankan
Kita dapat mengirim/ transfer uang melewati internet(secara online) menggunakan nomor rekening dan dapat diakses dimana saja melalui internet yang disebut dengan e-banking dalam hal ini sangat menringankan kita untuk mengirim uang dan kita tidak perlu untuk pergi ke Bank untuk menjalani transaksi tersebut.

          Peningkatan mutu pendidikan melaui e-learning
Selain belajar di sekolah siswa juga dapat belajar secara online melalui internet yang sering disebut e-learning. Dengan inovasi tersebut, kita dapat belajar banyak tentang hal dan dapat pula kita mengakses e-learning kapan pun dan di mana pun dengan media internet.

Perkembangan teknologi terjadi sedemikian pesatnya dan dapat dinikmati oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Akan tetapi di samping dampak-dampak positif penggunaan teknologi pasti ada dampak negatif dari perkembangan teknologi di era saat ini. Diantaranya yang paling terjadi saat ini yaitu kejahatan di internet atau sering disebut dengan cyber crime. Kejahatan di internet atau cyber crime dapat diuraikan sebagai berikut:
          Hacker adalah orang yang melakukan penjelajahan dan menyusup ke situs orang lain tetapi tidak melakukan tindakan pengerusakan apapun, tidak mencuri uang atau informasi
          Cracker adalah hacker yang mencuri informasi, melakukan berbagai macam kerusakan dan sesekali waktu juga melumpuhkan keseluruhan system computer
          Carder adalah seorang craker yang menggunakan data kartu kredit orang lain untuk belanja lewat internet
Dampak negatif dari perkembangan teknologi sangatlah banyak. Oleh karena itu, marilah kita lebih bijaksana dalam penggunaan teknologi tersebut, sehingga teknologi dapat membawa pencerahan seperti dalam istilah enlightening technology bagi seluruh aspek kehidupan manusia.


Karya   : Aushaf Fahri Abdurasyad

Komentar